7 Tips Hidup Kuliah Sambil Kerja

7 Tips Hidup Kuliah Sambil Kerja

Bagi anda yang saat ini berencana kuliah tapi memiliki keterbatasan ekonomi, tidak usah khawatir. Selain bisa mencari beasiswa, anda juga bisa kuliah sambil kerja. Ada banyak manfaat ketika anda kuliah namun juga sambil bekerja. Selain mandiri secara finansial, anda sudah memiliki banyak pengalaman dan juga jaringan saat lulus nanti. Manfaat itu tentu bakal anda rasakan ketika anda lulus kuliah. Namun yang jadi persoalan, bagaimana mengatur waktu antara kuliah dan bekerja itu bisa seimbang?

kuliah sambil kerja

Dirangkum dari laman resmi Universitas Pasundan, berikut 7 tipsnya:

  1. Kuatkan Mental

    Ketika memutuskan untuk kuliah sambil kerja, ini adalah pilihan. Karenanya, anda harus memiliki mental kuat. Mahasiswa lain menghabiskan waktu 24 jam untuk kuliah, main, berorganisasi, atau bersenang-senang. Namun sebaliknya, anda harus mengorbankan sebagian kesempatan di sela kuliah untuk bekerja. Disaat itulah mentalmu diuji kuat atau tidaknya menjalani kehidupan ini. Kalau berhasil lolos, anda bisa menjadi generasi paling tangguh di masa tersebut.

  2. Pilih Pekerjaan Freelance

    Agar tidak mengganggu waktu kuliah, maka anda harus memilih pekerjaan paruh waktu atau freelance. anda tidak perlu setiap hari bekerja, asalkan honor yang didapatkan cukup untuk tambahan. Misalnya, dengan bekerja sebagai guru les privat, penulis lepas, atau berjualan barang di marketplace.

  3. Bagi Waktu Berorganisasi

    Meski terkadang tidak mungkin, tetapi sebenarnya kuliah sambil bekerja tetap bisa ikut organisasi di kampus. Ini bisa diatasi jika anda bisa membagi waktu secara seimbang. Semisal, dari hari Senin sampai Kamis anda harus bekerja. Berarti, carilah organisasi yang aktivitas rutinnya di luar waktu tersebut.

  4. Tetap Jaga Kesehatan

    Ini menjadi sangat penting karena anda harus bisa membagi waktu. Ketika menjalani kuliah sambil bekerja, anda mungkin mengalami kelelahan. Itu hal biasa, selagi tidak sampai jatuh sakit. Tipsnya, terapkan pola hidup sehat dengan berpikir positif, rajin olahraga, dan menyantap makanan bergizi. Jangan lupa, perbanyak minum air putih agar cairan di dalam tubuh seimbang.

  5. Jangan Tunda Tugas Kuliah

    Jika ada tugas kuliah, anda tidak boleh menundanya. Meski lelah yang melanda seusai bekerja, sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk menunda tugas kuliah. Kalau anda belum bisa mengerjakannya sepulang kerja, cobalah menuntaskan di pagi hari. Karena ada kata bijak bahwa kebiasaan menunda akan berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain.

  6. Bekerja Sambil Cari Relasi

    Ini adalah poin penting ketika anda bekerja. Meski anda kerja oaruh waktu, tetapi coba kalau ada kesempatan anda sambil mencari relasi. Sebab, anda tidak akan pernah tahu sosok yang menjadi rekan bisnis di masa depan. Bisa jadi, mereka adalah orangtua murid lesmu, kawan selama di tempat kerja, atau justru klien yang anda layani. Jadi, selagi ada kesempatan, carilah relasi sebanyak-banyaknya. Anda akan merasa untung di lain waktu.

  7. Bangun Hubungan Baik dengan Bosmu

    Meski agak susah, tapi tidak ada salahnya coba menjalin hubungan baik dengan bosmu atau pimpinan di perusahaanmu. Meski jarang bertemu dengan bosmu, cobalah untuk berkomunikasi. Ceritakan tentang kuliah atau kondisi anda selama ini. Mungkin, ada sedikit kelonggaran manakala bekerja di sana. Seandainya tiba-tiba anda harus terlambat bekerja, bosmu tidak akan marah. Pasalnya, pimpinanmu itu bisa memahami hal yang menjadi alasanmu, yakni masih berstatus mahasiswa.

Tips diatas dijamin bisa memberikan jalan kelaur bagi anda yang ingin kulaih sambil kerja. Walaupun cukup berat di lakukan namun dengan cara ini dijamin bisa membuat waktu anda lebih bermanfaat lagi. Semua kerja keras pastinya akan meberikan hasil yang tidak mengecewakan. Berpendidikan tinggi walaupun tidak memiliki ekonomi yang cukup, namun dengan tekad pasti anda bisa melewatinya.

 

superadmin

Related Posts